Kamis, 08 Oktober 2015

Elemen Awal Yang Harus Ada di Blog


 | Posting Alamister yang pertama adalah mengenai element apa saja yang harus ada di blog. Terlihat sepele, dan saya sendiri pun selama ini menganggap hal ini tidak penting. Namun dalam perkembangan untuk terlihat profesional dan serius, baik dimata penyedia layanan penelusuran Google/yahoo/bing/ask dll, atau dimata sahabat blogger lain maka elemen-elemen ini harus ada di blog anda. 

4 Elemen penting tersebut adalah halaman About (tentang saya), Privacy Policy, Term Of Service (TOS), Disclaimer dan Contact. Oke, mari kita bahas satu per satu :

1. About (Tentang Saya/Kami)
Halaman khusus ini berisi tentang apapun informasi yang di butuhkan pengunjung tentang blog dan pemilik blog/website. Anda bisa menuliskan latar belakang mengapa blog dibuat, tema apa saja yang akan di usung, sejarah singkat blog dan tujuan blog itu dibuat. Sementara untuk informasi pribadi dapat dicantumkan juga, semakin orisinil dan lengkap semakin bagus, seperti Nama Lengkap, Alamat Lengkap, Tanggal Lahir bila perlu di cantumkan.

 Mengapa ? hal tersebut berguna untuk meningkatkan kepercayaan pengunjung atas tanggung jawab kita terhadap apa yang kita buat dan sebarkan. Tidak hanya Pengunjung, Google juga bisanya mengapresiasi terangnya data diri yang kita tampilkan di blog dan sangat berguna bila kedepan kita akhirnya bekerjasama dengan perusahaan internet terbesar di dunia ini, salah satunya bila ingin menjadi Publisher Adsense (layanan iklan google di laman mandiri kita)

2. Privacy Policy
Nah, untuk yang satu ini lebih kepada dokumen hukum yang kita buat terkait isi dalam blog. Point-point dokumen dapat disesuaikan dengan tema blog sendiri, biasanya untuk website jejaring sosial/forum dan toko online yang menyediakan format log-in, pengunjung memberikan informasi pribadi mereka dan dalam klausal privacy policy pengelola blog/web menggunakan data pribadi tersebut dengan batas batas yang dapat dipertanggung jawabkan. Sehingga kenyamanan tercipta bagi pengunjung karena privasinya tetap terjaga.

Dalam privacy Policy biasanya juga tercantum penggunaan cookie oleh pihak ketiga (biasanya pemasang iklan) yang mana pengunjung setuju atas kebijakan yang di pakai oleh pihak ketiga tersebut.

Sebenarnya untuk blog pribadi, hal ini tidak terlalu penting. Namun ada baiknya juga tetap dipasang, karena banyak templet saat ini menyediakan ruang khusus untuk elemen ini. Nah, bila dalam templet disediakan pasti ada gunanya, entah untuk saat ini atau di masa yang akan datang.

3. Term of Service (TOS)
Aturan layanan ini biasanya adalah peraturan yang dibuat oleh pengelola blog mengenai hak dan kewajiban pengunjung, atau lebih dikenal dengan Ketentuan Penggunaan, Syarat dan Kondisi. Setiap blog berbeda-beda aturan yang dibuat namun rata-rata isinya tentang aturan main bagi pengunjung blog. Anda bisa membuat sendiri poin-poin aturan tersebut.

4. Disclaimer
Disclaimer intinya adalah pernyataan penyangkalan diberikan dengan tujuan perlindungan bagi pemilik website atau situs sebagai pemberi informasi. Saat mengunjungi blog, Pembaca konten blog dianggap secara otomatis menerima syarat dan ketentuan yang berlaku pada situs tersebut, termasuk klausul disclaimer. Biasanya berhubungan dengan poin-poin Term of Service.

5. Contact
Halaman contact terkait dengan informasi yang kita berikan di About Us, kegunaannya pengunjung dapat dengan mudah menghubungi pemilik blog baik melalui media sosial ataupun email, selain interaksi di komentar.

Nah, itu dulu untuk Elemen Awal Yang Harus Ada Di Blog Ala Mister, untuk pertanyaan silakan di kolom komentar. 
Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar