Minggu, 25 Oktober 2015

Sempit Hidup ? Terapkan Hasbunallah Wani’mal Wakil


Orang yang beriman tentu akan tegar menghadapi setiap ujian yang datang kepadanya. Sebab, ia memiliki sandaran iman dan keyakinan bahwa semuanya akan indah pada waktunya, bahwa Allah tidak akan memberikan ujian melebihi kemampuan hamba-Nya, bahwa Allah akan menolongnya untuk menjadi pemenang. Itulah hakikat dari kalimat hasbunallah wani’mal wakil.
Kalimat hasbunallah wani’mal wakil ternyata bukan sekadar ucapan biasa. Ada hikmah luar biasa yang dijanjikan Allah kepada orang yang mengamalkan dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah dijauhkan dari ke
sempitan hidup.
Jaminan khusus bagi orang yang selalu menjadikan Allah SWT sebagai tempat berlindung dari berbagai macam kemungkaran di dunia adalah dihilangkan dari kesempitan hidup. Kita tentu tidak ingin merasakan kesempitan hidup di dunia ini. Kita ingin hidup dengan kelimpahan harta. Sehingga, berbagai upaya dilakukan untuk memperoleh materi yang banyak. Namun, kita sering lupa bahwa ada tangan Allah SWT, di balik materi yang kita dapatkan. Kita sibuk bekerja secara lahiriah, tetapi lalai bekerja secara ruhaniah.
Hasbunallah wani’mal wakil adalah sarana yang dapat kita tempuh untuk memperlancar datangnya rezeki. Dengan senantiasa membaca/ mengamalkan bacaan hasbunallah wani’mal wakil, niscaya Allah SWT mendekatkan rezeki dan menjauhkan kita dari kesempitan hidup. Sebab, hanya Dia yang mempunyai hak prerogatif terhadap setiap rezeki yang akan diberikan kepada seluruh makhluk-Nya. Ihwal datangnya rezeki, Allah SWT berfirman :
“Allah meluaskan rezeki dan menyempitkannya bagi siapa yang Dia kehendaki. Mereka bergembira dengan kehidupan di dunia, padahal kehidupan dunia itu (dibanding dengan) kehidupan di akhirat, hanyalah kesenangan (yang sedikit).” (QS. Ar-Ra’d [13] : 26)
Begitulah energi yang dihadirkan Hasbunallah wani’mal wakil sebagai pelecut untuk melepaskan diri dari kesempitan hidup. Allah SWT memerintahkan kita untuk bekerja mencari rezeki yang bertebaran di atas bumi agar tercukupi kebutuhan hidup kita dan mendapatkan ketenangan saat menjalankan ibadah.
Demikian sekelumit fadhilah Hasbunallah wani’mal wakil untuk menjauhkan kita dari kesempitan hidup. Oleh karena itu, marilah kita berusaha untuk bekerja sekeras mungkin sembari menyerahkan segala hasilnya kepada Allah SWT.(rhd)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar